Minggu, 17 Maret 2013

0 Tips Jadi Orang Genius Versi (Pudant)

1.Tidur.

Kalau kita hanya belajar, belajar dan belajar. Tanpa pernah memperhatikan 'porsi' tidur kita, maka tidak akan ada artinya belajar selama apapun. Selama kita tidur, otak kita memilah informasi yang penting bagi kita dan meningkatkan daya ingat. Tapi, hal ini hanya berlaku pada tidur lebih dari 6 jam.


Jadi, kalau kalian masih suka belajar SKS (Sistem Kebut Semalam), yang udah nggak jaman itu. Jangan harap bisa menjadi orang yang genius. Selain itu, tidur memberikan semangat baru untuk memulai belajar di hari baru.



2.
Olahraga.

Aktivitas fisik yang baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir adalah berjalan, senam, main petak umpet, main lompat tali atau permainan apapun yang membutuhkan kemampuan fisik dan kemampuan berpikir disaat yang bersamaan. atau yang paling gampang adalah melakukan hom pim pa atau suwit.


3.
Makan.

Orang yang kurang makan tidak akan punya tenaga untuk berpikir, sebaliknya orang yang kebanyakan makan akan membuat otaknya jadi tidak cerdas (tumpul). Makanan paling tidak baik untuk otak adalah lemak hewani, sedangkan makanan terbaik adalah yang mengandung omega 3 seperti ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian.


Buah dan sayur juga sangat bermanfaat bagi otak dan bagi tubuh.


4.
Musik.

Secara tidak langsung, musik bisa bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan. Bagi sebagian orang, musik dapat membuat tubuh rileks, pikiran negatif menjauh dan rasa takut berkurang. Nah, hal itulah yang dapat membuat orang menjadi lebih fokus dalam berpikir.


Namun, sebagian orang lagi justru tidak bisa belajar sambil mendengarkan musik. Jadi, tergantung selera masing-masing. Tapi, kalau saya pribadi selalu ditemani musik dari Linkin Park saat belajar.


5.
Bermain

Belajar berlama-lama hanya membuat otak tumpul, jadi selalu sempatkan waktu untuk bermain. Pilihlah permainan yang juga membutuhkan kemampuan berpikir. Jadi, kita tetap bisa belajar secara menyenangkan. Pilihannya, kita bisa bermain secara fisik (futsal, basket, sepakbola, kasti), bermain dengan benda (rubik, suwit, hom pim pa), atau sekedar berkumpul dan ngobrol dengan teman.


6.
Meditasi.

Kalau bicara soal meditas, pasti banyak orang yang akan malas melakukannya. Jadi, meditasi saya samakan dengan menenangkan diri. Inti dari meditasi adalah mencari ketenangan. Cara termudahnya adalah dengan bernafas secara berirama.


7.
Main PS (Playstation/videogame)

Jaman sekarang masih ada yang bilang main PS cuma buang-buang waktu?! Ow... tidak bisa!! Main videogame adalah salah satu cara menjadi cerdas. Pilihlah permainan yang mengharuskan kita mengambil keputusan dengan cepat, jangan hanya main GTA, God of War atau Manhunt 2.


Kuncinya, pilihlah game yang mengharuskan kita berpikir dan bermainlah secara porposional. Maksimal 1-2 jam per hari.


Oke, sekianlah cara-cara sederhan menjadi seorang genius. Tentunya cara-cara itu tidak akan gunanya kalau kita tidak melakukan kunci utamanya yaitu, BELAJAR.
Lebih peka terhadap informasi di sekitar kamu
Kamu Bakalan seperti: melihat lebih banyak, mendengar lebih banyak, lebih bau dan merasa lebih melalui kontak sentuhan.
Tanpa sadar, pikiran kamu memiliki sebuah asupan informasi yang lebih luas [Setelah menghadapi segala bentuk rangsangan (yang menurut kamu menarik)], pikiran kamu secara otomatis mengeksplorasi komponen-komponennya.
2 .Dapat mengetahui kebohongan seseorang
Kamu biasanya mampu melihat kebohongan dan penipuan yang dilakukan orang (normal) dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mampu belajar dengan cepat
Ketika belajar, kamu dapat membuat perubahan seketika. kamu dapat mempraktekkan pelajaran yang baru saja kamu serap, dan mampu membuat koneksi atau asosiasi antara 2 hal atau lebih yang biasanya pada orang normal, tampak seperti tidak berhubungan sama sekali.
Mudah memahami penjelasan.
4. There is no talking voice in your head
Kamu berpikir secara jernih dengan pikiran sadar kamu. Informasi tenggelam sepenuhnya dalam pikiran kamu tanpa pengaruh pikiran bawah sadar.
5. Sulit untuk mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran
Karena pikiran kamu sangat teliti dan mendetail tentang hal-hal yang dianggap sepele oleh orang lain, maka kamu akan sulit untuk menjelaskannya secara verbal kepada orang lain.
6. Orang lain terlihat bodoh dan merasa tersaingi
Kamu akan merasa sebal dan geregetan bila mendengarkan penjelasan orang lain (normal)
karena dalam pikiran kamu, orang tersebut menjelaskan tentang sesuatu yang kamu anggap seharusnya sudah dijelaskan beberapa saat sebelumnya. Jadi ibarat seseorang baru sampai jakarta kamu sudah sampai di papua.
7. Ilmu pengetahuan seperti sumber ketenangan bagi anda
Kamu dapat menemukan ketenangan dan ketenteraman dalam mempelajari berbagai hal yang berbau sains.
Orang yang mengidap LLI beresiko mengalami keterbelakangan mental bila orang tersebut tidak memiliki IQ yang cukup untuk memproses segala informasi yang dia dapatkan dari lingkungan sekitarnya.
Orang-orang yang mengidap LLI adalah orang- orang yang terlihat biasa saja, bahkan ketika ditest dalam IQ test orang2 ini memiliki IQ yang normal seperti orang kebanyakan, namun situasi berbeda orang2 ini mampu berfikir lebih jauh dari orang kebanyakan bahkan setara dengan orang2 dengan IQ lebih dari 130
penyakit ini bersifat sementara dan bisa dikendalikan, dan penyebabnya adalah terlalu lama dalam situasi lingkungan baru tanpa memberikan "komentar", ini akan membuat otak orang tersebut selalu bekerja lebih keras dari biasanya. confused
Mau terjangkit penyakit ini? liat lah gambar einstein yang satu ini

1. Saat dikelas dengarkan dan simak dengan baik tanpa "berkomentar" ketika guru/dosen menjelaskan didepan kelas walau kamu tidak mengerti apa yang dijelaskan. biggrin
2. Baca selalu semua headline surat kabar setiap hari
3. Hindari video porno atau hal2 sejenisnya
4. Cari informasi baru tentang ilmu pengetahuan (paling cepat, pelajari antariksa dan alam semesta, filsafat, sejarah, budaya dan sains)
5. Berfikirlah secara terbuka
6. Tonton dan ikuti selalu cara berita di TV (recommended: Metro TV, hindari acara berita dari TV One biggrin)
7. Dengarkan dan cari arti serta makna dari musik luar negeri (recommended: simple plan, linkin park atau slank), hindari acara lagu-lagu indonesia di tv saat ini. Karena lagu lebay semua dan di dominasi oleh boyband-cong twisted
8. PALING PENTING, obrak-abrik isi Green Blog atau (apasih.com) ini, baca setiap hal yang kamu anggap menarik dari segi info dan tips, baca dari awal dengan seksama jangan hanya lihat gambar dan minimalkan berkomentar. biggrin kamu bisa cari dibagian category atau search atau (paling bawah halaman apasih.com ini.) ada sekitaR 5000an artikel luar biasa yang akan membuka pikiran kamu. biggrin
9. Untuk sosial masyarakat, perbanyak mendengar minimalkan "berkomentar" atau "membantah", ini akan membuat otak berfikir dan memfilter sendiri dan secara luar biasa akan memilah sendiri hal-hal yang masuk ke otak.
10. Lakukan 9 hal diatas selama sebulan penuh! biggrin
tips ini hanya bagi yang mau memiliki penyakit ini saja. kalau tidak mau juga tidak apa2..



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar